KEMENTRIAN
AGAMA
Kabupaten
Gresik
MADRASAH
TSANAWIYAH NURUL ISLAM
Jl. KH. Syafi’i 70 Pongangan Gresik 61151
031-3957387
|
SOAL SEMESTER GANJIL
TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH
TAHUN PELAJARAN
HARI/TANGGAL
:
|
KELAS : VIII
|
MATA PELAJARAN : QUR’AN HADITS
|
WAKTU :
|
Perhatian : a. Tulis identitas anda pada lembar jawaban
yang disediakan
b.
Teliti dengan baik naskah soal dan lembar jawaban
c.
Gunakan waktu yang disediakan dengan sebaik-baiknya
d.
Mulailah bekerja dengan membaca “basmallah”.
A. PILIHLAH
JAWABAN A, B, C, ATAU D YANG DIANGGAP BENAR !
1.
Mad yang terjadi apabila
ada fathatain yang berada diakhir ayat atau ada tanda waqaf disebut...
a.
Mad ‘iwadh b. Mad badal c. Mad tabi’i d. Mad layin
2.
ﻮﺍﻠﻌﺎﺪﻴﺎﺖﻀﺒﺤﺎ kalimat
yang bergaris bawah adalah contoh hukum bacaan ...
a. mad
badal b.
Mad ‘iwadh c. Mad layin d.
Mad tabi’i
3.
Yang termasuk contoh mad
layin adalah...
a.
ﻤﻦﺠﻮﻉ b ﻓﻟﻴﻌﺑﺪﻮ c ﻮﺍﻠﻌﺎﺪﻴﺎﺖ d ﻮﺍﻠﺼﻴﻒ
4.
Panjang bacaan mad layin adalah...
a.
6 harakat b. 5 harakat c. 4 harakat d. 2 harakat
5.
Apabila ada mad tabi’i pada akhir ayat/kalimat namun sebelum waqaf ada huruf lain hukum
bacaannya disebut...
a.
Mad jaiz munfasil b. Mad ‘arid lissukun c. mad tabi’i d. mad wajib muttasil
6.
Salah satu hal yang
dijelaskan dalam Qs. Quraisy adalah tentang...
a.
Amal b. Pahala c.
Rizki d.
Surga
7.
... ﺍﻠﺬﻯ
ﺍﻄﻌﻤﻬﻢ Lanjutan ayat diatas adalah... .
a.
ﻮﺍﻠﺼﻴﻒ b.
ﻫﺬﺍﺍﻠﺒﻴﺖ c. ﻤﻦﺠﻮﻉ d. ﻤﻦﺨﻮﻒ
8.
Rezeki Allah swt akan dapat diperoleh dengan
cara usaha. Dalam surah Quraisy disebutkan bahwa salah satu usaha yang
dilakukan untuk mendapatkan rezeki adalah...
a.
Bertani b. Berdagang c. Menjadi pegawai d. Menjadi buruh
9.
“Allah yang telah memberi makan mereka ( orang
Quraisy) untuk menghilangkan lapar” Hal tersebut dijelaskan dalam Qs.AL Quraisy
ayat...
a.
1 b.
2 c. 3 d. 4
10. ﻓﻟﻴﻌﺑﺪﻮﺍﺮﺐﻫﺫﺍﺍ ﻟﺑﻴﺖ
Ayat di atas memerintahkan kepada orang Quraisy agar
...
a.
Menyembah berhala c. Pergi berdagang
b.
Menyembah Allah d.
Memberi makan pada orang lapar
11. ﺍﻦﻤﻊﺍﻟﻌﺴﺭﻴﺴﺮﺍ Artinya...
a.
Kami tinggikan sebutan
namamu c. Dan
hanya kepada tuhanmu engkau berharap
b.
Kami berikan kemudahan
kepadamu d. Sesungguhnya beserta kesulitan itu ada kemudahan
12. ﻮﺍﻠﻰﺮﺒﻚ
ﻔﺎﺮﻏﺐ Kalimat yang bergaris bawah artinya adalah
...
a.
Kemudahan b. Kesulitan c. Kamu
berharap d. berkerja keras
13. Salah satu rizki yang disebutkan dalam QS. Al Insyirah adalah..
a.
Lapang dada (sabar) c. Diberikan makanan
b.
Harta perniagaan d. Rasa aman
14. Perintah memanfaatkan
waktu dalam surah al-Insyirah terungkap dengan kata...
a. ﻔﺎﻨﺼﺐ b. ﻔﺮﻏﺖ c. ﻔﺎﺮﻏﺐ d. ﺍﻨﻘﺾ
15. Nama
surah al-Insyirah diambil dari
kalimat “alam nasyrah” yang
artinya...
a.
Memudahkan b. Kesulitan c. Urusan d.
Berlapang-lapang
16. Keterkaitan antara surah
Quraisy dan al-Insyirah adalah sama-sama membicarakan tentang..
a.
Perintah untuk berdagang c.
Memanfaatkan waktu
b.
Allah memberikan rizki
kepada kita d.
Perintah untuk melapangkan dada (sabar)
17. “Sungguh kami telah
memberimu nikmat yang banyak “ adalah terjemahan dari ...
a.
ﺍﻨﺎﺍﻋﻄﻴﻨﺎﻚﺍﻠﻜﻮﺜﺮ c. ﺍﺮﺀﻴﺖﺍﻠﺬﻱﻴﻜﺬﺐﺒﺍﻠﺪﻴﻦ
b.
ﻔﺼﻞﻠﺮﺒﻚﻮﺍﻨﺤﺮ d. ﻔﺬﺍﻠﻚﺍﻠﺬﻱﻴﺪﻉﺍﻠﻴﺘﻴﻢ
18. Arti kata ﻮﺍﻨﺤﺮ
dalam surah al-kautsar adalah...
a.
Laksanakanlah sholat b. Dan berpuasalah c.dan bersabarlah d.
Dan berkurbanlah
19. Arti dari ﻴﺪﻉﺍﻠﻴﺘﻴﻢ adalah...
a.
Mendustakan agama c. Memberi
makan anak yatim
b.
Menghardik anak yatim d. Memperhatikan anak yatim
20. Bentuk kepedulian sosial yang disebutkan dalam QS. Al
Ma’un adalah…
a.
Saling menolong antar sesama c. melaksanakan sholat
b.
Memberi makan orang miskin d. membayar zakat
21. Diantara dampak positif dari kepedulian sosial adalah
...
a.
Menjadi manusia yang baik hati c. Dikenal sebagai orang yang dermawan
b.
Mendapat kepercayaan orang lain d.
Menumbuhkan kerukunan
dan kebersamaan
22. Salah satu larangan Allah swt dalam QS. Al Ma’un ayat 6 adalah…
a.
Meninggalkan sholat c. ria’ dalam sholat
b.
Terlambat sholat d.
bermain-main ketika sholat
23. Salah satu bentuk
penerapan QS. Al-Kautsar dan al-Ma’un adalah...
a.
Suka membantu fakir miskin c.
Kita harus selalu bersabar
b.
Gotong royong d. Berbakti pada orang tua
24. Yang termasuk manfaat
dari kepedulian sosial adalah...
a.
Menyusahkan orang lain c. Meringankan
beban orang lain
b.
Anak yatim menjadi terlantar d.
Menjadikan orang lain malas bekerja
25. Berdasarkan QS. Al-Ma’un
yang termasuk pendusta agama adalah...
a.
Tidak melaksanakan sholat c. Berkata dusta
b.
Suka melakukan maksiat d. Menghardik anak yatim
26. ﻮﷲﻔﻲ......ﻤﺎﻜﺎﻦﺍﻠﻌﺒﺪﻔﻲﻋﻮﻦﺍﺨﻴﻪ
Kalimat yang
sesuai untuk melengkapi hadits di atas adalah...
a.
ﺍﻠﺪﻨﻴﺎ b.
ﻋﻮﻦﺍﻠﻌﺒﺪ c. ﻴﻮﻢﺍﻠﻘﻴﺎﻤﻪ d. ﺤﺎﺠﺘﻪ
27. ﺍﻨﺎﻮﻜﺎﻔﻞﺍﻠﻴﺘﻴﻢﻜﻬﺎﺘﻴﻦﻔﻲﺍﻠﺠﻨﻪ(ﺍﻠﺤﺪﻴﺚ) Menurut
hadits di atas bahwa di surga nanti rasullah akan bersama orang yang...
a.
Mengasuha anak yatim c. rajin beribadah
b.
Suka menolong d. Suka beramal jariyah
28. (ﺍﻠﺤﺪﻴﺚ)
ﺨﻴﺮﺒﻴﺖﻔﻲﺍﻠﻤﺴﻠﻤﻴﻦﺒﻴﺖﻔﻴﻪﻴﺘﻴﻢﻴﺤﺴﻦﺍﻠﻴﻪ
Menurut hadits di atas rumah yang paling mulia adalah ...
a.
Rumah yang bagus dan indah
b.
Rumah yang penghuninya
rajin beribadah
c.
Rumah yang di dalamnya ada
anak yatim yang diasuh dengan baik
d.
Rumah yang sering digunakan
untuk pengajian
29. Allah swt Berjanji akan menolong hambanya selama ia...
a.
Mau ditolong b. Mau menolong saudaranya c. Perlu ditolong d.
Mau bersabar
30. Dalam hadits riwayat Imam
Bukhori disebutkan bahwa orang yang melepaskan kesusahan orang lain maka Allah
swt akan...
a.
Membebaskan kesusahannya c. Menutup aib dirinya
b.
Selalu menolongnya d.
Melepaskan penderitaannya
B. ESSAY
(URAIAN)
31.
Jelaskan pengertian rezeki !
32.
Apakah yang dimaksud dengan kepedulian sosial ?
33.
Sebutkan 3 (tiga) contoh wujud
kepedulian sosial !
34.
Terjemahkan surah al-Insyirah
berikut ini ﻓﺈﺬﺍ ﻓﺮﻏﺖ ﻓﺎﻨﺼﺐ
35.
Tulislah QS.
al-Ma’un ayat 7 !
KISI-KISI SOAL UJIAN SEMESTER
KKM Wil. I Lobar : MTsN Model Kuripan
Mata Pelajaran :
Al-Qur’an Hadits
Kelas/Semester :
VIII/ganjil
Tahun Pelajaran :
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Penilaian
|
No.
Soal
|
|
Jenis
|
Bentuk
|
||||
3.1 Memahami ketentuan hukum mad ‘iwadh, mad layin, dan
mad ‘arid lissukun dalam al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
|
Hukum bacaan mad ‘iwadh, mad layin, dan mad ‘aridh lissukun
|
1.
Menjelaskan pengertian hukum
mad ‘iwadh, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam al-Qur’an surah-surah
pendek pilihan
2.
Menjelaskan ciri-ciri
hukum mad ‘iwadh, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam al-Qur’an
surah-surah pendek pilihan
3.
Mendiskripsikan cara
membunyikan hukum mad ‘iwadh, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam
al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
4.
Mengidentifikasi hukum
mad ‘iwadh, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam al-Qur’an surah-surah
pendek pilihan
5.
Menyimpulkan cara membaca
bacaan mad ‘iwadh, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam al-Qur’an
surah-surah pendek pilihan
|
Tes Tulis
|
PG
-
-
PG
PG
|
1,5
-
-
2,3
4
|
4.1 Menerapkan hukum mad ‘iwadh, mad layin, dan mad ‘arid
lissukun dalam al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
|
hukum mad ‘iwadh, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam
al-Qur’an surah-surah pendek pilihan
|
1.
Mempraktikkan bacaan mad
‘iwadh, mad layin, dan mad ‘arid lissukun dalam al-Qur’an surah-surah pendek
pilihan
|
-
|
-
|
|
3.2. Memahami isi kandungan QS. Al-Quraisy dan
al-Insyirah tentang ketentuan rizki dari Allah swt.
|
QS. Al-Quraisy dan al-Insyirah tentang ketentuan rizki dari Allah
swt.
|
1.
Menjelaskan pengertian
rezeki.
2.
Menerjemahkan QS.
Al-Quraisy dan al-Insyirah
3. Menjelaskan isi kandungan surat al-Quraisy dan
al-Insyirah
4. Mengidentifikasi isi
kandungan surat al-Quraisy dan al-Insyirah
5. menyimpulkan isi
kandungan surat al-Quraisy dan al-Insyirah
6.
Menghafal QS. Al-Quraisy
dan al-Insyirah
|
Tes Tulis
|
Uraian
PG
Uraian
PG
PG
PG
PG
|
31
11,12,
14,15
34
6,9,13
8,10
16
7
|
4.2. Mensimulasikan isi kandungan QS. Al-Quraisy dan al-Insyirah
tentang ketentuan rizki dalam kehidupan
|
Isi kandungan QS. Al-Quraisy dan al-Insyirah
tentang ketentuan rizki dalam kehidupan
|
1. mempresentasikan contoh-contoh sikap orang yang mencerminkan isi kandungan surat al-Quraisy dan
al-Insyirah tentang ketentuan rezeki dari Allah swt.
|
-
|
-
|
|
3.3. Memahami isi kandungan QS. Al-kausar dan
al-Maun tentang kepedulian sosial dan isi kandungan hadits tentang perilaku
tolong menolong riwayat al-Bukhori dari Abdullah Ibnu Umar dan hadits riwayat
Muslim dari Abu Hurairah, dan hadits tentang mencintai anak yatim riayat
al-Bukhori dari Sahl bin Sa’ad, dan hadits riayat Ibnu Majah dari Abu
Hurairah dalam fenomena kehidupan dan akibatnya.
|
QS. Al-kausar dan al-Maun tentang kepedulian
sosial dan isi kandungan hadits tentang perilaku tolong menolong riwayat
al-Bukhori dari Abdullah Ibnu Umar dan hadits riwayat Muslim dari Abu
Hurairah, dan hadits tentang mencintai anak yatim riayat al-Bukhori dari Sahl
bin Sa’ad, dan hadits riayat Ibnu Majah dari Abu Hurairah dalam fenomena
kehidupan dan akibatnya.
|
1. Menjelaskan pengertian kepedulian sosial
2. Mengartikan QS.
Al-kausar dan al-Maun
3. Menjelaskan isi kandungan QS. Al-kausar dan al-Maun
4. Mengidentifikasi contoh prilaku penerapan QS. Al-kausar dan
al-Maun
5. Mengartikan hadits tentang perilaku tolong menolong dan
mencintai anak yatim
6. Menghafal hadits tentang perilaku tolong menolong dan
mencintai anakyatim
7. Menjelaskan isi kandungan hadits tentang perilaku tolong
menolong dan mencintai anak yatim
|
Tes Tulis
|
Uraian
PG
PG
PG
Uraian
PG
Uraian
PG
|
32
17,18,
19
21,22,
24,25
20,23,
33
26,
35
27,28,29,30
|
4.3. mensimulasikan sikap tolong
menolong dan peduli terhadap anak yatim sesuai isi QS. Al-kautsar dan QS.
Al-Ma’un dan sikap tolong menolong sesama muslim sesuai isi kandungan hadits
tentang tolong menolong
|
1. Menunjukkan
sikap yang mencerminkan isi kandungan QS. Al-kautsar dan QS. Al-Ma’un dan isi
kandungan hadits tentang tolong menolongdan hadits tentang mencintai anak
yatim dalam fenomena kehidupan dan akibatnya
1.
2.
|
-
|
-
|
-
|
|
Gresik, 14 Januari 2019
Quru Qurdis
Drs. Saifuddin